Jumat, Maret 28, 2008

YAMAHA MX


Setelah berpikir 1-2-3 hari :-), akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan sepeda motor sebagai moda transportasi dari dan ke tempat kerja.

Meski berminat pada Kawasaki Ninja, pilihan saya jatuh pada Yamaha Jupiter MX CW 135 CC. Motor ini bertipe bebek namun menggunakan kopling manual. Menggunakan tenaga 135 CC dengan rem cakram didepan dan rem tromol di belakang. Tipe CW ini berarti menggunakan Velg racing.

Dari yang saya rasakan selama menggunakan Jupiter MX ini, saya merasa nyaman dan senang menggunakannya. Meski sebelumnya lebih banyak menggunakan motor tanpa kopling (Shogun dan SupraX), alih penggunaan menjadi Jupiter MX tidak terlalu banyak berbeda.

Sempat ada yang bilang bahwa Jupiter MX ini termasuk tipe yang boros BBM, namun dari yang saya gunakan tidak jauh berbeda. Jikapun boros BBM, paling tidak masih lebih hemat dibandingkan Mitsubishi Lancer yang sekali minum bisa menghabiskan Pertamax belasan kali lipat, hehehe...


Berikut adalah spesifikasi Jupiter MX yang saya gunakan :

Product Name : JUPITER MX135LC CW
Product Type : Moped
Product Price : Rp. 14,910,000
(Harga On The Road untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya)

MESIN

Tipe Mesin :4 Langkah, SOHC, 4 Klep (Berpendingin Cairan)
Diameter x Langkah : 54.0 x 58.7 mm
Volume Silinder : 135 CC
Perbandingan Kompresi : 10.9 : 1
Power Max : 8,45kW (11,33HP) pada 8500 rpm
Torsi Max : 11,65N.m (1,165 kgf.m) pada 5500 rpm
Sistem pelumasan : Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin : Penggantian Berkala 800cc
Penggantian Total 1000cc
Kap. Air Pendingin : Radiator dan Mesin 620cc
Tangki Recovery 280cc, Total 900cc
Karburator : Mikuni VM 22 x 1, Setelan Pilot Screw 1-5/8 putaran keluar
Put Langsam mesin : 1.400 rpm
Saringan Udara Mesin : Tipe kering
Sistem Starter : Motor Starter dan Starter Engkol
Tipe Transmisi : Tipe ROTARY 4 Kecepatan, dengan kopling manual

CHASIS
Tipe Rangka : Diamond Frame
Suspensi Depan : Telescopic Fork
Suspensi Belakang : Tunggal / Monocross
Rem Depan : Cakram Tunggak 220 mm
Rem Belakang : Tromol dengan Bahan "Non Asbestos"
Ban Depan : 70/90 - 17 dengan Velg Racing
Ban Belakang : 80/90 - 17 dengan Velg Racing
Ukuran Rantai : 428

KELISTRIKAN
Lampu Depan : 12 Volt, 32 W / 32 W
Lampu Sein Depan : 12 Volt, 10 W x 2 buah
Lampu Sein Belakang : 12 Volt, 10 W x 2 buah
Lampu Rem : 12 Volt, 5 W / 21 W x 1 buah
Battery : GM5Z - 3B / YB 5L-B 12 Volt 5,0 Ah
Busi / Spark Plug : NGK CPR 8 EA-9 / DENSO U 24 EPR-9
Sistem Pengapian : DC CDI
Sekring : 10 Ampere

DIMENSI
P x L x T : 1.945 mm x 705 mm x 1.065 mm
Tinggi Tempat Duduk : 770 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.245 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 140 mm
Kap. Tangki Bahan Bakar : 4 Liter
Berat Isi : 109 kg
Berat Kosong : 104 kg

Meski Cakung terkenal sebagai kawasan macet, tempat kerja saya dapat dijangkau tanpa harus 'adu otot' dijalan raya. Saya menghindari jalan raya Bekasi-Pulogadung dan memilih jalur alternatif. Pertimbangannya bukan hanya soal kemacetan, melainkan juga dari sisi kenyamanan. Jika melalui jalur alternatif, suasananya lebih teduh dan lebih sejuk. Saya masih bisa berfoto-foto sejenak atau bahkan bisa olahraga kecil dulu, :-).

Bagi rekan-rekan yang sedang memilih model sepeda motor, Jupiter MX bisa menjadi salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan.

Oh ya, selama ini sih belum ada jembatan yang roboh saat saya lewat. Pakaian saya juga nggak robek-robek seperti pakaiannya si Komeng, hehehe...

Tidak ada komentar: