Kamis, April 10, 2008

Pilihan Metode Mengajar yang Efektif


A. Hubungan Tujuan Pembelajaran dengan Metode Mengajar

Metode mengajar merupakan salah satu komponen yang harus ada dalam kegiatan pembelajaran. Pada dasarnya metode mengajar merupakan cara/teknik yang digunakan guru dalam melakukan interaksi dengan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Ada beberapa prisip yang harus diperhatikan dalam penggunaan metode mengajar, yang berkaitan dengan fakta perkembangan kemampuan siswa, diantaranya:[1]
1. Metode mengajar harus memungkinkan dapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa lebih jauh terhadap materi pembelajaran (curiosity).
2. Metode mengajar harus memungkinkan dapat memberikan peluang untuk berekspresi.
3. Metode mngajar harus memungkinkan siswa belajar melalui pemecahan masalah.
4. Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk selalu ingin menguji kebenaran sesuatu (sikap skeptis).
5. Metode mengajar harus memungkinkan siswa mampu menyimak.
6. Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk belajar mandiri (independent study).
7. Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk belajar secara bekerja sama.
8. Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk lebih termotivasi dalam belajarnya.

Prinsip-prinsip tersebut dalam prosesnya merupakan karakteristik dari masing-masing metode mengajar. Penggunaan metode mengajar dalam pembelajaran ditinjau dari segi prosesnya memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:[2]
Sebagai alat atau cara untuk mencapai tujuan pembelajaran. Setiap pembelajaran harus bertujuan, sehingga dalam proses pembelajarannya akan memerlukan suatu cara dan teknik yang efektif yang memungkinkan dapat mencapai tujuan tersebut.
Sebagai gambaran aktivitas yang harus ditempuh oleh siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran. Tahapan-tahapan kegiatan belajar mengajar pada dasarnya adalah proses atau prosedur penggunaan metode-metode dengan yang digunakan dalam pembelajaran tersebut.
Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan alat penilaian pembelajaran. Karakteristik metode mengajar dapat dijadikan pertimbangan untuk penilaian, misalnya kegiatan pembelajaran yang menggunakan metode ceramah, tanya jawab akan berbeda penilaiannya dengan metode demonstrasi atau latihan/praktek.
Sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan bimbingan dalam kegiatan pembelajaran, apakah dalam kegiatan pembelajaran tersebut perlu diberikan bimbingan secara individu atau kelompok.

Memperhatikan beberapa prinsip dan fungsi metode mengajar di atas, metode mengajar sangat menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, guru dalam melaksanakan pembelajaran harus secara analisis dan fleksibel dalam menentukan metode apa yang harus digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien.
[1] Toto Ruhimat dkk, Strategi Belajar Mengajar, Cet. 14 (November 2004), Jakarta: Universitas Terbuka, hal 4.4.
[2] Asep Herry Hermawan dkk, Strategi belajar mengajar, Cet. 14 (November 2004), Jakarta: Universitas Terbuka.



by : Munadhirin

Tidak ada komentar: