Jumat, Mei 02, 2008

MANUSIA UNGGUL MENURUT AL QUR AN

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

ولقد كرمنا بني ادم وحملناهم في البر والبحر ورزقناهم من الطيبات وفضلناهم علئ كثير ممن خلقنا تفضيلا ( الاسراء: )

Artinya: "Sungguh,telah kami mulyakan umat manusia/keturunan nabi adam,Kami sediakan bagi mereka kendaraan di darat dan di laut.dan Kami berikan rizki-rizki yang baik bagi mereka,juga Kami berikan kepada mereka kelebihan atas mahluk-mahluk umumnya yang telah Kami ciptakan" (Qs Al Isra' 70)

لقد خلقنا الانسان في احسن تقو يم (التين: )

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya" (Qs At tiin 4)

Ayat di atas menunjukkan bahwa manusia merupakan mahluk Allah yang paling sempurna di banding mahluk-mahluk yang lain,karma manusia di ciptakan selain mempunyai akal pikiran,juga mempunyai hawa nafsu.artinya manusia di ciptakan Nya dalam segi bentuk ataupun penampilannya amatlah baik.dalam ayat yang lain Allah berfirman:

واذ قلنا للملا ئكة اسجدوا لادم فسجدوا الاابليس (البقراه )

Artinya: "Dan ingatlah ketika Kami berseru kepada para malaikat:"Sujudlah kepada adam,maka mereka bersujud/berhormat,kecuali iblis."(Qs Al baqarah 34,Al araf 11,Al israk 61,Kahfi 50,Thoha 116).

Jadi ayat tersebut menerangkan adanya seruan kepada para malaikat dan iblis untuk bersujud/menghormat kepada nabi adam.yang rendah kepada yang lebih unggul,yang berarti nabi adam unggul melebihi mereka.Dalam ayat lain Allah berfirman:

فاءذا سويته ونفخت فيه من روحي فقعوا له سجدين (الحجر )

Artinya: "Maka apabila aku telah menyempurnakan kejadiannya,dan telah meniupkan ke dalamnya ruh(ciptaan) KU, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud". (Qs Al hijr: 29).

فسجد الملئكة كلهم اجمعون (الحجر )

Artinya: "Maka bersujutlah para malaikat itu semuanya bersama –sama". (Qs Al hijr 30). menunjuk firman Allah:

وعلم ادم الاسماء كلها ثم عرضهم علي الملائكة فقال انبؤني باسماء هؤلاء ان كنتم صادقين.قالوا سبحانك لاعلم لنا الاماعلمتنا انك انت العليم الحكيم (البقرة )

Artinya: "Dan Dia ajarkan kepada adam tentang semua nama benda,kemudian di perlihatkan kepada para malaikat,lalu berfirman:"Ungkaplah kepadaKu nama benda-benda itu,kalau memang pengakuanmu itu benar".jawab mereka:"Maha suci engkau ya Allah,tiada pengetahuan bagi kami selain yang telah engkau ajarkan pada kami. Sungguh,Engkaulah yang maha mengetahui lagi maha bijaksana". (Qs Al baqarah 31-32). Ayat tersebut menunjukkan bahwa nabi adam as,telah memiliki ilmu pengetahuan tentang segala nama-nama benda yang belum di ketahui oleh para malaikat.padahal orang yang berpengetahuan/berilmu adalah orang yang lebih unggul dari yang lainnya (yang tidak berilmu). Demikian juga di tegaskan oleh Allah dalam firmannya:

قل هل يستوي الذين يعلمون والذين لايعلمون انما يتذكراولوالالباب (الزمر )

Artinya: "Katakanlah:"Samakah kedudukan orang yang berpengetahuan dengan yang tidak? Sungguh ,hanya yang memiliki pikiran sehatlat yang mampu menerima pelajaran (Al qur an)". (QS. Az Zumar : 9).

Allah berfirman:

سبحن الذى اسرى بعبده ليلا من المسجد الحرام الى المسجد الاقصا الذى بركنا حوله لنريه من ايتنا انه هو السميع البصير (الاسراء )

Artinya: "Maha suci Allah,yang telah menjalankan hamba Nya pada suatu malam dari Al masjidil haram ke Al masjidil aqsha yang telah kami berkahi sekelilingnya, agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.sesungguhnya Dia adalah maha mendengar lagi maha melihat".(QS. Al isra' : 1).

Dalam hal manusia lebih unggul menurut al qur an,Allah berfirman:

واسمعيل واليسع ويونس ولوطا وكلا فضلنا على العا لمين (الانعام )

Artinya: "Dan Ismail,Al Yasa', Yunus dan Luth, masing-masingnya Kami lebihkan derajatnya di atas umat(di masanya)".

ولقد اتينا داود وسليمن علما وقالا الحمد لله الذى فضلنا على كثير من عبا ده المؤمنين (النمل )

Artinya: "Dan sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada daud dan sulaiman. Dan keduanya mengucapkan:" Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hamba Nya yang beriman".(Qs An naml 15)

وَحُشِرَ لِسُلَيْمَنَ جُنُوْدُهُ مِنَ الْجِنِّ وَالْاِ نْسِِ وَالطَّيْرِ فَهُمْ يُوْزَعُوْنَ ( النمل : )

Artinya: "Dan dihimpunkan untuk sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burun, lalu mereka di atur dengan tertib(dalam barisan) Qs An Naml : 17"

Jika ayat-ayat di atas kita tinjau,maka manusia adalah: pertengahan di antara malaikat dan hewan,di mana susunan malaikat terdiri dari akal tanpa syahwat(nafsu).dan hewan tersusun dari nafsu tanpa akal.maka berkat akalnya,manusia ambil bagian tindakan malaikat,dan akibat nafsu nya manusia bersifat/berwatak seperti tabiat yang di miliki oleh hewan. Selanjutnya manusia akan lebih jahat dari pada hewan,manakala watak/ nafsunya menguasai akal.demikian pula sebaliknya,manusia akan menjadi lebih unggul melebihi para malaikat,manakala akal pikirannya mampu menundukkan watak/nafsunya.

Tidak ada komentar: